Categories
Berita news-nasional

IDI Pusatkan Kegiatan Hari Bakti Dokter Indonesia ke-114 di Kabupaten Pati

IDI Pusatkan Kegiatan Hari Bakti Dokter Indonesia ke-114 di Kabupaten Pati

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memusatkan kegiatan hari bakti pada tahun ini di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Berbagai kegiatan sosial akan dilakukan termasuk penyediaan air bersih dan jamban sehat mulai Jumat (20/5/2022).

“Peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) tahun ini bertema ‘IDI Reborn Berbakti Untuk Negeri, Mengabdi Untuk Rakyat’ didukung dengan berbagai rangkaian kegiatan diseluruh IDI wilayah maupun IDI cabang se-Indonesia,” kata Ketua Umum IDI, dr M. Adib Khumaidi, SpOT di kantor IDI Jateng, Semarang, Kamis (19/5/2022).

Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai tempat pembukaan pelaksanaan HBDI Ke-114 tepatnya di Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati yang akan menjadi pembuka serangkaian kegiatan HBDI yang dilakukan di seluruh IDI Wilayah dan IDI Cabang.

“Setiap IDI wilayah dan IDI cabang secara serentak melaksanakan kegiatan terkait HBDI dengan kegiatan promotif dan preventif Kesehatan kepada masyarakat, utamanya dengan menggerakkan program peningkatan kewaspadaan dan pencegahan baik itu individu maupun dalam kelompok dan komunitas. Walaupun penyebaran Covid19 sudah terlihat mulai dapat dikendalikan, namun masyarakat diharapkan tetap menjaga protokol Kesehatan yang telah dilaksanakan selama masa pandemi,” jelas dr Djoko Handoyo, SpB(K)Onk, Ketua IDI Wilayah Jawa Tengah.

Dalam rangka HBDI tersebut, IDI Cabang sekitar Pati, Kudus, Purbalingga, serta IDI cabang Jawa Tengah lainnya memfasilitasi penyediaan sumur, jamban, dan air. Selain itu ada kegiatan lainnya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat seperti khitanan massal, donor darah, skrining kesehatan pada anak, ibu hamil dan lansia, serta operasi katarak, dan lain-lain.

“Besok pagi pencanangan air bersih dan jamban sehat, kami memilih Desa Sumbersoko karena merupakan desa binaan kami, harapannya desa binaan ini bisa berkelanjutan,” jelas Ketua Panitia Hari Bakti Dokter Indonesia 2022 Jateng Dr dr Cahyono Hadi, SpOG(K).

sumber : detik.com