Categories
Berita news-nasional

Kegiatan Ilmiah Dalam Rangka Kongres Nasional PERDOKI ke-7

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (PERDOKI) merupakan satu-satunya organisasi Kedokteran Okupasi yang menghimpun para Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi di Indonesia yang saat ini diketuai oleh DR. dr. Astrid W. Sulistomo,MPH, Sp.Ok. Sesuai dengan AD ART organisasi, maka setiap 3 tahun sekali dilakukan Kongres Nasional sebagai Badan Legislatif Tertinggi yang merupakan forum musyawarah anggota PERDOKI. Selain pemilihan pengurus yang baru, Kongres Nasional ini juga memiliki agenda menetapkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga dan penyusunan rencana strategis dan rencana kerja PERDOKI berikutnya.

Seperti pada Kongres Nasional sebelumnya, pada kongres tahun ini juga diawali dengan seminar kegiatan ilmiah dalam bentuk webinar yang berlangsung pada tanggal 11 dan 12 Juni 2022. Tema webinar yang diusung kali ini adalah “Tantangan dan Strategi Kedokteran Okupasi dalam Persiapan Endemi Covid-19”. Tema tersebut sesuai dengan kondis saat ini dimana pandemic Covid19 belum dinyatakan berakhir, namun kita harus bersiap untuk menghadapi perubahan ke arah endemic terutama kesiapan dunia kerja menghadapi transformasi tersebut.

Menteri Kesehatan RI , Menteri Tenaga Kerja RI, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Gubernur DKI Jakarta (yang diwakili oleh ibu Kabid Kesmas Dinkes DKI Jakarta), dan Ketua Umum PB IDI – dr. Adib Khumaidi, Sp.OT turut memberikan arahan kebijakan terkait era transformasi ini. Demikain juga para narasumber tingkat nasional dan internasional juga turut berbagi strategi dalam persiapan endemic Covid-19.

Antuasiasme terhadap informasi transformasi ke arah endemic covid-19 cukup tinggi yang dapat dilihat dari jumlah peserta webinar sebanyak lebih dari 250 orang, tidak hanya kalangan medis namun juga non medis. Selain banyaknya peserta, diskusi terhadap paparan dari para narasumber juga menarik sehingga diharapkan materi yang disampaikan dapat menjadi acuan bagi stakeholder dan khususnya PERDOKI dalam menyusun rencana strategis dan rencana kerja organisasi ke depan.