Categories
Berita news-nasional

Pelantikan Pengurus IDI Cabang Muratara Periode 2021-2024, Terbentuk Setelah 8 Tahun Daerah Berdiri

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) akhirnya terbentuk setalah daerah ini berusia 8 tahun.

Organisasi profesi kedokteran tersebut terbentuk atas keinginan bersama para dokter yang ada di Bumi Beselang Serundingan ini.

Pelantikan kepengurusan IDI Cabang Muratara periode 2021-2024 telah dilaksanakan bersama IDI Cabang Musirawas dan Lubuklinggau, Sabtu (22/1/2022).

Ketua IDI Cabang Muratara periode 2021-2024 diamanahkan kepada dr Henny yang juga merupakan Sekretaris Dinas Kesehatan Muratara.

“Sekarang di daerah kita sudah terbentuk IDI. Semoga pelayanan kesehatan di Muratara makin lebih baik,” kata Ketua IDI Cabang Muratara  dr Henny usai pelantikan.

Dia menjelaskan banyak faktor dan dorongan hingga akhirnya terbentuk IDI di Muratara.

Misalnya, selama ini akses untuk pembuatan SIP, STR dan surat-menyurat lainnya harus ke IDI Cabang Musirawas yang cukup jauh dari Muratara.

Selain itu, jumlah dokter di Muratara saat ini sudah dinyatakan cukup untuk syarat membentuk IDI.

“Selama ini kita masih mengikut ke Musirawas. Mau ngurus ini itu ke sana kan kurang efisien, baik dari segi waktu dan jarak tempuh,” kata Henny.

Dia menyebut jumlah total dokter di Muratara sebanyak 69 orang, baik yang bertugas di RSUD Rupit maupun seluruh Puskesmas.

Sebanyak 69 dokter tersebut terdiri dari 54 dokter umum, 6 dokter gigi, dan 9 dokter spesialis, baik berstatus sebagai PNS, kontak, internship dan Nusantara Sehat.

“Untuk dokter spesialis ada PDL, anak, obgyn, kulit kelamin, radiologi, saraf, bedah, anesteiologi dan spesialis THT,” jelas Henny.

Dia menambahkan tujuan didirikannya IDI adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan rakyat Indonesia.

Kemudian, untuk mengembangkan ilmu kesehatan dan IPTEK kedokteran, serta membina dan mengembangkan kemampuan profesi anggota.

“Selain itu, hadirnya IDI ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota yang tergabung di IDI,” kata Henny.