Categories
Berita news-nasional

Pengurus IDI Cabang Kabupaten Probolinggo Resmi Dilantik

Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Probolinggo periode 2021-2024 resmi dilantik oleh Wakil Ketua IDI Wilayah Jawa Timur dr. Hendro Soelistijono di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Sabtu (26/2/2022) pagi.

Prosesi pelantikan pengurus IDI Cabang Kabupaten Probolingo ini ditandai dengan pembacaan naskah Surat Keputusan, pembacaan naskah pelantikan dan pembacaan sumpah/janji pengurus dipandu oleh pengurus IDI Wilayah Jawa Timur.

Kemudian dilanjutkan dengan pengalungan kalung IDI dan pemakaian rompi EMT. Dalam kepengurusan ini, dr. Hj. Yessy Rahmawati dipercaya sebagai Ketua IDI Cabang Kabupaten Probolinggo untuk kedua kalinya.

Pelantikan pengurus IDI Cabang Kabupaten Probolinggo ini dihadiri oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Nurdiana Timbul Prihanjoko, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo dan perwakilan Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Hadir pula Ketua President Elect PB IDI dr. Muh. Adib Khumaidi, Ketua dan Pengurus IDI Wilayah Jawa Timur, Ketua IDI Cabang Kota Probolinggo dan Kabupaten Situbondo, GOW Kabupaten Probolinggo, Direktur RSUD Waluyo Jati Kraksaan, Direktur RSUD Tongas dan Direktur RS swasta se-Kabupaten Probolinggo serta Ketua Organisasi Profesi Tenaga Kesehatan.

Ketua IDI Cabang Kabupaten Probolinggo dr. Hj. Yessy Rahmawati mengungkapkan di awal kepengurusan ini pihaknya tengah mencoba melangkah diawali dengan bakti sosial di Desa Gunggungan Kidul Kecamatan Pakuniran kolaboratif bersama organisasi profesi yang ada di Kabupaten Probolinggo mulai dari PPNI, IAI, Patelki Polres Probolinggo dan Kodim 0820 Probolinggo.

“Alhamdulillah, jumlah kami yang sedikit bergabung dan menjadi jumlah yang cukup besar. Kami juga melakukan anjangsana ke seluruh Dewan Pembina IDI, Direktur Rumah Sakit dan tentunya silaturahim ini semoga tidak berhenti,” ungkapnya.

Yessy menegaskan target dalam kepengurusan ini adalah mempunyai Sekretariat IDI yang diresmikan oleh Presiden Elect waktu itu dr Daeng. Walaupu tempatnya masih menumpang di salah satu ruangan di RSUD Waluyo Jati Kraksaan. “Alhamdulillah ide-ide dan rencana-rencana kegiatan dapat berjalan. Target di kepengurusan saat ini IDI Kabupaten Probolinggo dapat mempunyai Rumah IDI untuk cangkruk, untuk menghasilkan ide dan karya besarnya,” terangnya.

Sementara Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan ucapan selamat kepada Pengurus IDI Cabang Kabupaten Probolinggo periode 2021-2024 yang telah dilantik. Semoga dengan dilantiknya pengurus yang baru semakin memajukan profesi dokter di Kabupaten Probolinggo, meningkatkan profesionalisme dalam memberikan pelayanan prima guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Probolinggo.

“Saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada IDI Cabang Kabupaten Probolinggo atas kontribusinya dalam pembangunan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama menghadapi pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Plt Bupati Timbul, di era 4.0 dokter diharapkan terus berperan sebagai agent of nationalism. Pelopor sikap kebangsaan yang mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau kelompok.

“Jika pada masa lalu, gelora nasionalisme dipraktikkan dengan perlawanan terhadap penjajah, saat ini versi nasionalisme salah satunya ialah kebersamaan dokter berperang melawan penyakit, tanpa pandang suku, agama dan ras,” tegasnya.

Kepada pengurus dan anggota IDI Cabang Kabupaten Probolinggo Plt Bupati Timbul berharap agar bekerja dengan dedikasi tinggi dan profesional sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat.

“Bekerja dengan sepenuh hati, tulus dan ikhlas sebagai jembatan mitra kerja antara dokter dan pemerintah serta terus mengembangkan diri dan meningkatkan kapasitas dalam mewujudkan cita-cita bersama untuk memberikan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan pada masyarakat di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya.

Sedangkan Ketua President Elect PB IDI dr. Muh. Adib Khumaidi meyampaikan bahwa IDU ke depan harus lebih baik dari sebelumnya. IDI dibentuk untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, jika ada problematika kesehatan, IDI harus selalu siap.

“IDI harus sering-sering ngopi bareng bersama Plt Bupati Probolinggo dan jajaran Forkopimda untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang ada. IDI harus berbagi peran untuk komitmen terhadap kesehatan masyarakat serta memberdayakan masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sebagai bentuk penghargaan terhadap dokter dalam perjuangannya menangani pandemi Covid-19, IDI Cabang Kabupaten Probolinggo menyerahkan tali asih kepada 3 (tiga) orang anggota keluarga dokter yang telah meninggal dunia.