Categories
Berita news-nasional

Rapat Kerja Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Periode 2022 – 2025

Pada tanggal 4 – 5 Juni kemarin, telah berlangsung kegiatan Rapat Kerja Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia periode 2022 – 2025. Raker ini dihadiri oleh sekitar 80 % pengurus, Dewan Kehormatan dan Dewan Pengarah PB IDI bertempat di Gedung Giesmart di Kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kegiatan ini berlangsung secara hybrid, offline dihadiri sekitar 200 orang pengurus dengan protokol kesehatan yang berlaku, serta sekitar 100 pengurus via online.

Dengan semangat IDI Reborn, Raker PB IDI banyak mengangkat tema yang berkaitan dengan semangat transformasi, meningkatkan soliditas dan kesejawatan, serta mengedepankan upaya inovatif yang modern serta memperkuat etik dan kesejawatan. Dr. Adib Khumaidi, Sp.OT sebagai Ketua Umum mengusung Visi mewujudkan Dokter Indonesia yang beretika, mandiri, professional dan menjunjung tinggi kesejawatan. Visi ini diharapkan dapat membawa IDI menjadi organisasi profesi yang membawa kemashalatan baik untuk anggota maupun untuk masyarakat, serta sebagai mitra strategis pemerintah dalam upaya pembangunan kesehatan yang lebih baik.

Diskusi terkait program kerja berlangsung hangat, dengan paparan dari para ketua-ketua bidang. Hadir juga para dewan pakar dan dewan kehormatan yang memberikan banyak masukan dan insight terkait apa yang harus dikerjakan IDI kedepan. Dengan tantangan global, masa pasca pandemic, dan tantangan transformasi bidang kesehatan dalam negeri, IDI siap menjadi katalisator dalam upaya pembangunan kesehatan.

Selain membicarakan terkait program kerja, materi suplementasi juga dihadirkan terkait Komuniasi Korporat yang dibawakan oleh pakar komunikasi DR. Leila Mona Ganiem Msi dan Pengelolaan Organisasi (lesson learned international) oleh Reno Rafli. Materi suplementasi ini juga sukses meningkatkan suasana forum raker, terjadi diskusi yang hangat serta memberikan banyak insight terkait pengelolaan IDI kedepan, bagaimana manajemen komunikasi publik yang baik dan upaya change management.

Dengan selesainya raker, diharapkan Pengurus Besar IDI periode 2022 – 2025 akan mulai bekerja dan menelurkan berbagai program yang membawa manfaat baik untuk anggota maupun masyarakat luas. IDI berkomitmen untuk terus menjadi organisasi profesi yang adaptif, modern, terbuka serta berupaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat. (dr. Yoesrianto Tahir)