Categories
Berita news-nasional

Satgas Covid-19: Indonesia Mulai Bertransisi Menuju Fase Endemi

Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan, kasus virus corona baru di Indonesia terus mengalami penurunan. Kondisi ini membawa Indonesia mulai bertransisi menuju fase endemi.

Menurut juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, saat ini Indonesia tak lagi berada dalam situasi kedaruratan Covid-19.
“Dan mulai bertransisi menuju fase endemi,” katanya dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (10/5).

Meski kondisi Covid-19 terkendali, Wiku mengatakan, pemerintah tetap melakukan pengawasan dan pengendalian kasus baru. Hal ini menjadi landasan kuat pemerintah untuk tak gegabah dalam mengubah kebijakan dalam penanganan pandemi.

“Sehingga, pertahanan yang sudah dilakukan berbulan-bulan pasca lonjakan kasus terakhir dapat bertahan dalam waktu yang panjang,” ujar dia.

Wiku menambahkan, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tetap berlaku untuk pengendalian pandemi Covid-19 di Indonesia. Sebab, kebijakan ini terbukti mampu mengendalikan kasus Covid-19.

“Selain itu, penggunaan masker masih tetap diwajibkan sebagaimana saran dari WHO, bahwa masker masih menjadi bagian dari strategi pencegahan Covid-19 yang komprehensif,” imbuhnya.